Pages

Monday 30 November 2015

Pengaruh indonesia pada dunia

Kehebatan Bangsa Indonesia yang Merubah Dunia

Indonesia memang telah dikenal dimata dunia, namun kekuatan militer nya, memang tidak sekuat Amerika Serikat dan teknologi nya pun tak se maju negara Jepang di Asia Timur. Namun kita patut bangga karena Indonesia punya pengaruh yang amat besar bagi dunia internasional terutama Indonesia di masa silam dimana para pemimpin negara kita ini telah menjadikan Indonesia sebagai negara yang dikenal dunia.

Di Masa silam Indonesia dibawah para pemimpin pertama yang memerdekakan tanah subur Indonesia, negara pertiwi ini selalu menjadi negara pelopor sebuah gerakan melawan penindasaan. Banyak negara tetangga dan negara lainnya yang mengakui kehebatan Indonesia dibawah kepemimpinan Indonesia masa silam. Indonesia tidak hanya berpengaruh di Asia tenggara saja melainkan di seluruh dunia kala itu.

Di hari yang sangat berbahagia ini, 17 Agustus 2015 dimana Indonesia telah 70 tahun lamanya merdeka marilah sejenak kita mengingat kembali dan merenungi masa-masa indah Indonesia dimasa lalu. Indonesia tak hanya sekedar merdeka, Indonesia merdeka nyatanya telah memberi pengaruh besar bagi perubahan dunia. Berikut adalah beberapa pengaruh Indonesia terhadap perkembangan dunia terutama Indonesia jaman dulu yang patut kita jadikan contoh di jaman sekarang :

Indonesia Menjadi Pelopor Konferensi Asia Afrika



Indonesia adalah salah satu pelopor Konferensi Asia Afrika (KAA). Bahkan ketua konferensi nya adalah orang Indonesia yang bernama Ali Sastroamidjoyo. Konferensi yang diikuti oleh 29 negara di kawasan Asia dan Afrika ini dilaksanakan pertama kali di Bandung pada tahun 1955.

Konferensi Asia Afrika bisa tercipta berkat buah pikir Soekarno dan beberapa rekannya yang berasal dari India, Pakistan, Srilanka, dan Burma (Myanmar). Konferensi ini bertujuan untuk menjalin kerja sama bidang ekonomi dan budaya. Selain itu hal penting lain yang dibahas adalah kolonialisme. Kawasan Asia dan Afrika harusLah bebas dari praktik kolonialisme yang kerap dilakukan bangsa dari Eropa.

Masalah hak asasi manusia juga menjadi isu penting karena saat perang hak itu seakan hilang dari setiap warga negara. Indonesia memiliki peran besar dalam konferensi ini. Dampaknya, banyak negara-negara kawasan Asia dan Afrika yang mulai berbenah untuk membangun negaranya sesuai hasil konferensi.

Indonesia Menjadi Pelopor Gerakan Non Blok (GNB)



Gerakan Non Blok adalah sebuah gerakan untuk menentang perang dingin yang dilakukan Blok Barat (Amerika dan sekutu) serta Blok Timur (Rusia dan kawan komunis nya). Perang ini telah membuat ketegangan dunia meningkat pasca perang dunia kedua. Indonesia tidak menginginkan hal itu terus terjadi. Akhirnya Gerakan Non Blok dibentuk. Bahkan Indonesia sebagai tuan rumahnya pada tahun 1992.

Gerakan Non Blok yang menjalankan konferensi tingkat tinggi pertama di Jakarta menghasilkan beberapa rumusan. Soekarno, presiden negara kita saat itu ditugaskan menghadap Presiden Amerika, John F. Kennedi untuk menyampaikan rumusan itu. beberapa tahun kemudian presiden Soeharto yang menjadi wakil Indonesia merintis dialog antara negara berselisih di KTT G-7, Tokyo tahun 1993. Indonesia selalu mengusulkan penghapusan penjajahan di setiap ada KTT Ekonomi dunia. Hebat!

Pengaruh Indonesia di ASEAN Kepada Dunia



ASEAN adalah kumpulan negara kawasan Asia tenggara yang jumlahnya ada sepuluh. Indonesia adalah negara paling besar di kawasan ini. Pengaruhnya juga paling kuat. Indonesia mempelopori perdamaian beberapa negara yang konflik di kawasan ini seperti Thailand dan Kamboja. Selain itu Indonesia selalu dipercaya sebagai pemimpin ASEAN karena memiliki kebijakan yang sangat baik bagi seluruh negara kawasan.

Untuk dunia, kawasan ASEAN adalah tempat yang sangat penting. Dari segi kekuatan dan ekonomi, ASEAN paling kuat kedua setelah Uni Afrika. Meski banyak negaranya belum maju seperti kawasan Asia Timur, Namun ASEAN mampu menampakkan peran nyata. Semua hal bisa terjadi karena Indonesia memiliki peranan yang sangat besar untuk semuanya!

No comments:

Post a Comment